Kompres Alkohol untuk menurunkan Demam si Kecil, amankah?

Oleh:


Di Rumah Sakit atau Puskesmas kadang kita menemukan penggunaan kompres alkohol untuk menurunkan demam termasuk para ibu-ibu ketika mendapatkan anaknya demam. Kompres alkohol dikenal dapat menurunkan demam dengan cepat akan tetapi karena sifat cepatnya menurunkan demam itulah maka kita patut waspada.

Kompres Alkohol untuk menurunkan Demam si Kecil, amankah? Atasi demam dengan kompres dan obat-obatan yang aman.

Pemberian kompres alkohol termasuk air dingin kepada anak-anak dengan maksud agar demamnya turun dapat bersifat kontraproduktif. Hal ini bisa memicu anak menjadi menggigil dan memicu tubuh mengirimkan sinyal ke pusat pengatur suhu tubuh untuk meningkatkan temperatur.

Selain itu penggunaan alkohol tidak dianjurkan karena alkohol bisa diabsorpsi melalui kulit maupun melalui pernapasan yang bisa mengakibatkan keracunan alkohol.

Mengingat efek buruknya itu, orang tua memiliki banyak pilihan untuk menurunkan demam anaknya. Termasuk dengan kompres dengan kain dingin di dahi atau yang paling bagus dengan air hangat dipadu dengan obat penurun demam yang mengandung asetaminofen atau ibuprofen yang aman bagi bayi/anak-anak. Jangan pernah memberikan obat demam seperti aspirin kepada anak karena bisa mengakibatkan Reye’s Syndrome, penyakit yang jarang tapi cukup serius.



Klik dan like facebook kami agar setiap tips dan tulisan terbaru muncul di Facebook Anda. Anda juga bisa SHARE tulisan ini ke Twitter. Follow dan ikuti update twitter kami di @dr_anak.

Mau Tips Bayi, Anak dan Kehamilan?

Silahkan masukkan email. Tips dan tulisan terbaru akan langsung dikirimkan ke email Anda (GRATIS)


Jangan lupa cek inbox email untuk validasi

Manfaatkan Kotak Pencarian Untuk Mencari Tulisan Lain


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>