Bayi, Anak Dan Kehamilan » Search Results » berhubungan pada masa subur dengan tenggang http://kedokterananak.com Tue, 10 Sep 2013 17:11:21 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.8.1 Waktu berhubungan yang pas agar cepat hamilhttp://kedokterananak.com/waktu-berhubungan-yang-pas-agar-cepat-hamil/ http://kedokterananak.com/waktu-berhubungan-yang-pas-agar-cepat-hamil/#comments Tue, 10 Sep 2013 17:11:21 +0000 http://kedokterananak.com/?p=214 More » ]]> Kapan waktu terbaik untuk berhubungan kalau saya ingin hamil?

Waktu adalah segalanya. Sperma dapat hidup 2-3 hari akan tetapi sel telur hanya mampu bertahan sekitar 12-24 jam. Untuk meningkatkan kemungkinan hamil penting untuk melakukan hubungan lebih dari sekali pada masa-masa sekitar ovulasi tersebut. Pendekatan yang baik dilakukan apabila melakukan hubungan seks pada satu atau dua hari sebelum ovulasi dan pada hari ovulasi. Dengan cara ini, akan memungkinkan tersedianya sperma yang sehat di tuba falopi yang siap membuahi sel telur pada saat dilepaskan pada masa ovulasi.

Tentu saja, kita tidak bisa mentukan secara pasti kapan wanita mengalami ovulasi. Semua hal ini ditentukan oleh lamanya siklus menstruasi. Pada umumnya wanita mengalami ovulasi kira-kira 14 hari sebelum siklus menstruasi berikutnya, bukan pertengahan siklus. Jika Anda memiliki siklus 28 hari yang merupakan siklus rata-rata sebagian besar wanita, maka anda kira-kira akan ovulasi pada pertengahan siklus. Akan tetapi jika anda memiliki siklus 35 hari, anda kemungkinan ovulasi pada hari ke 21, bukan hari ke 17.

Anda oleh mencoba kalkulator masa subur yang kami sediakan di sini.

Bagaimana saya bisa tahu bahwa saya mengalami ovulasi?

Beberapa perempuan sangat sadar mengenai kapan mereka mengalami ovulasi. Beberapa wanita lain sama sekali tak merasakan perubahan apapun. Apabila anda benar-benar niat ingin hamil, cobalah melacak siklus anda selama beberapa bulan. Beberapa tanda jelas dari ovulasi seperti:

- Payudara tegang.
- Perasaan tidak nyaman di daerah perut.
- Meningkatnya cairan yang keluar dari vagina.
- Peningkatan ringan sekitar 0,4- 1 derajat Fahrenheit suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh ini bisa dicek dengan mengukur suhu tiap pagi sebelum anda bangun dari tidur, dua hari setelah anda mengalami ovulasi. Anda akan bisa merasakan sendiri siklus menstruasi anda jika anda mencatat suhu basal tubuh anda setiap bulan.

Jika anda masih kesulitan mengetahui waktu tepat kapan ovulasi, anda bisa mencoba tes prediksi ovulasi (ovulation predictor test).

Apakah haid yang tidak teratur akan menyulitkan saya untuk hamil?

Pada umumnya wanita mendapatkan 12 haid dalam setahun. Meskipun demikian ada beberapa perempuan yang tidak mendapatkan haid sama sekali pada bulan tertentu. Banyak hal yang dapat mengganggu haid anda termasuk seperti stres, pekerjaan yang berat serta berat badan yang naik atau turun drastis. Semakin tak teratur haid anda, maka akan semakin sulit bagi anda untuk memprediksi kapan masa subur anda. Anda masih tetap bisa mengetahui hari kemungkinan besar anda paling subur dengan melacak kapan anda mengalami ovulasi tiap bulan.

Misalnya, siklus haid anda 28 hari pada bulan tertentu, kemudian 21 hari bulan berikutnya, lalu 32 hari bulan berikutnya. Catat siklus haid anda dalam beberapa bulan lalu kurangi 17 dari siklus terpendek dan kurangi 11 dari siklus terpanjang. Hari di antara kedunya adalah kemungkinan hari dimana anda paling subur. Apabila siklus haid anda ireguler dan jarak antara siklus satu dengan yang lain lebih dari 35 hari atau lebih, anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli fertilitas. Ini untuk memeriksa apabila ada kelainan atau gangguan yang menyebabkan tidak teraturnya siklus haid anda, bisa diakibatkan oleh sindroma polikistik ovarium, disfungsi ovarium, gangguan tiroid, hulangnya berat badan secara berlebih atau tingginya kadar prolaktin, dll.

Bisa saya mencoba saja dulu dan menunggu apa yang akan terjadi?

Tentu saja, menentukan suhu basal tubuh cukup merepotkan, anda tidak mesti melakukannya. Meski akan sangat berarti untuk jadi pedoman jika anda sudah lama mencoba untuk hamil tapi tetap belum hamil-hamil. Bahkan untuk hamil, anda tidak perlu mengalami orgasme. Cobalah melakukan hubungan seksual dua kali dalam seminggu, dan tunggu hasilnya.

]]>
http://kedokterananak.com/waktu-berhubungan-yang-pas-agar-cepat-hamil/feed/ 0
Berapa lama seharusnya sampai saya bisa hamil?http://kedokterananak.com/berapa-lama-seharusnya-sampai-saya-bisa-hamil/ http://kedokterananak.com/berapa-lama-seharusnya-sampai-saya-bisa-hamil/#comments Tue, 10 Sep 2013 10:58:17 +0000 http://kedokterananak.com/?p=210 More » ]]> Tidak seorang pun bisa memastikan kapan Anda akan hamil termasuk dokter. Rata-rata waktu yang diperlukan pasangan agar hamil adalah 3 bulan. Tapi ini bisa dipercepat tapi bisa juga lebih lambat. Lambatnya Anda mendapat momongan dipengaruhi oleh faktor lain seperti usia, kebiasaan buruk seperti merokok dan keadaan tertentu yang menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas).

Dari banyak pasangan yang mencoba memiliki momongan (hamil) bisa dibagi menjadi:

- 30 persen wanita hamil pada siklus menstruasi pertama (kira-kira sebulan)
- 59 persen wanita hamil dalam 3 siklus menstruasi (kira-kira dalam 3 bulan)
- 80 persen wanita hamil dalam 6 siklus menstruasi (kira-kira 6 bulan)
- 85 persen wanita hamil dalam 12 siklus (kira-kira setahun)
- 91 persen hamil dalam 36 siklus (kira-kira 3 tahun)
- 93-95 persen hamil dalam 48 siklus menstruasi (kira-kira 5 tahun)

Bredasarkan data di atas, Anda yang saat ini belum hamil kemungkinan besar juga akan hamil karena hampir sebagian besar wanita (95 %) pada akhirnya juga akan hamil.

Saran ahli, jika dalam setahun Anda sudah berupaya untuk segera hamil namun tidak juga berhasil, minta bantuan dokter ahli. Dengan usaha sendiri Anda mungkin bisa hamil, meski demikian jika Anda memiliki masalah kesuburan, ada baiknya untuk mencari bantuan. Dengan demikian Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga disaat masa subur terbaik anda terlewati.

Apabila anda berusia 35 tahun, waktu akan sangat berharga sehingga anda sebaiknya cepat-cepat berkonsultasi dengan dokter ahli. Setelah 6 bulan mencoba dan tidak hamil di usia ini, segeralah meminta bantuan ahli.

Berapa banyak pasangan yang membutuhkan bantuan agar hamil?

Sebagian besar pasangan, sekitar 90% akan dapat hamil secara alami tanpa memerlukan bantuan. Sisanya 10 persen pada akhirnya didagnosis dengan infertilitas. Infertilitas didiagnosis secara sederhana jika selama setahun mencoba untuk hamil tapi tidak kunjung hamil-hamil. Beberapa pasangan ini akan mendapatkan pertolongan medis, sedangkan sisanya akan berakhir dengan pilihan lain seperti donasi sperma, surrogacy dan adopsi.

Bagaimana umur bisa mempengaruhi tingkat kehamilan?

Semakin tua umur Anda maka akan semakin lama waktu yang Anda butuhkan untuk hamil. Setelah satu tahun mencoba untuk hamil, kira-kira 86 persen dari wanita sehat, subur dengan umur 20an awal akan hamil. Tingkat kehamilan akan turun kira-kira 36 persen diantara wanita sehat dan fertil dengan usia awal 40 tahun.

Secara rata-rata, puncak kesuburan wanita berada pada umur 24 dan mulai menurun pada usia pertengahan 30. Meskipun usia yang semakin tinggi menjadikan wanita sulit hamil, banyak wanita sehat dapat berhasil hamil dengan baik pada usianya yang 40.

Dapatkah saya hamil lebih cepat?

Positifnya adalah, ya. Ada beberapa hal yang bisa Anda pacu agar cepat hamil.

Pertama, cari tahu kapan masa ovulasi atau masa subur Anda. Anda hanya dapat hamil pada masa ovulasi. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memperkirakan kapan masa subur ini datang.

Berikutnya, tentukan waktu berhubungan pada masa ovulasi. Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang menjadwalkan waktu berhubungan agar sesuai dengan masa subur akan hamil lebih cepat. Waktu terbaik untuk berhubungan adalah 2-3 hari sebelum masa ovulasi sampai hari waktu ovulasi.

Pada suatu penelitian, tingkat kehamilan pasangan yang menjadwalkan waktu berhubungan dengan masa subur lebih cepat hamil dibandingkan dengan pasangan lain yang tidak melakukannya.

- 38 persen hamil setelah satu siklus menstruasi.
- 68 persen hamil setelah 3 siklus menstruasi.
- 81 persen hamil setelah 6 siklus.
- 92 persen hamil setelah 12 siklus.

]]>
http://kedokterananak.com/berapa-lama-seharusnya-sampai-saya-bisa-hamil/feed/ 0
Tips dan Trick Cara Cepat Hamilhttp://kedokterananak.com/tips-dan-trick-cara-cepat-hamil/ http://kedokterananak.com/tips-dan-trick-cara-cepat-hamil/#comments Sat, 24 Aug 2013 05:18:45 +0000 http://kedokterananak.com/?p=194 More » ]]> Mungkin Anda sudah tidak sabar untuk hamil atau Anda ingin bayi Anda lahir pada tanggal tertentu. Berikut ini beberapa tips dan trick yang bisa Anda lakukan agar bisa cepat hamil.

Tips #1: Cari tau kapan masa subur anda

Rahasia terbesar agar hamil dengan cepat adalah mengetahui kapan waktu ovulasi. Agar hamil sperma harus membuahi sel telur.

Karena wanita melepaskan sel telur hanya sekali dalam satu siklus menstruasi maka hanya ada beberapa hari dalam tiap siklus hubungan seksual yang dilakukan dalam waktu tersebut bisa menghasilkan kehamilan. Dengan mengetahui masa subur, Anda dan pasangan anda bisa mengetahui kapan sebaiknya melakukan hubungan sehingga kemungkinan hamil lebih besar dapat terjadi.

Anda bisa mengetahui waktu ovulasi menggunakan beberapa metode dan alat. Jika siklus menstruasi anda tidak teratur, menentukan perkiraan kapan masa subur mungkin agak sedikit sulit. Silahkan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Tips #2: Hubungan seksual lebih sering

Jika sudah tau kapan sel telur dilepaskan dari ovarium (masa subur), kini pasangan bisa merencanakan melakukan hubungan seksual selama masa paling subur anda, yaitu tiga hari sebelum ouvulasi sampai sehari setelah masa ovulasi. Memulai berhubungan sedikit lebih cepat dari itu boleh-boleh saja, beberapa wanita ada yang hamil karena hubungan seks yang dilakukan 6 hari sebelum masa ovulasi.

Perlu diketahui, sperma bisa bertahan selama 5-6 hari di dalam tubuh anda sehingga kemungkinan untuk hamil sangat besar bila melakukan hubungan beberapa hari sebelum masa ovulasi.

Jika anda tidak tahu kapan masa subur anda datang, lakukan hubungan seksual setiap hari, yang menjamin sperma yang sehat dan siap berada di tuba fallopi sehingga sewaktu-waktu sel telur keluar dapat langsung dibuahi.

Tips dan tricks #3: Baring terlentang beberapa saat setelah melakukan hubungan

Sebelumnya banyak yang tidak tahu kalau berbaring terlentang setelah melakukan hubungan seksual dapat membantu meningkatkan kesempatan agar sperma dapat dengan mudah mencapai dan membuahi sel telur dengan sukses.

Pada penelitian di tahun 2009 ditemukan, wanita yang berbaring selama 15 menit setelah dilakukan inseminasi artifisial memiliki 50 persen kesempatan lebih besar untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang langsung bangun setelah dilakukan prosedur itu.

Meskipun ini tidak bisa disamakan persis dengan hubungan seksual langsung, namun membuktikan bahwa tetap berbaring beberapa lama setelah intercourse dapat membantu sperma pasangan anda bertahan lama. Selain dari itu, tidak ada salahnya mencoba trick ini.

Trick #4: Nikmati prosesnya

Jika anda terburu-buru ingin cepat hamil, mungkin ini akan membuat anda menjadi cemas dan stres. Meskipun perasaan ini normal, akan lebih baik jika anda memiliki perasaan yang tenang dan tidak stres. Hipotalamus yang merupakan bagian otak yang mengatur hormon ovulasi tidak bisa berfungsi dengan baik jika anda stes. Ini berarti waktu ovulasi anda bisa terganggu.

Oleh karena itu, lakukan apapun untuk membuat diri anda relaks dan tenang. Lakukan hal-hal yang menyenangkan. Nikmati kehidupan seksual anda dengan senang dan bukannya anda lakukan ‘terpaksa’ karena ingin hamil. Ini akan meningkatkan kesempatan anda agar cepat hamil. Anda bisa mencoba beberapa posisi seks. Tak ada posisi seksual yang lebih efektif dari posisi lainnya agar cepat hamil. Coba semua posisi tersebut.

Tips #5: Persiapkan sperma yang super sehat

Sperma bisa membuahi sel telur jika memiliki keadaan yang sehat, kuat dan banyak. Ada beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan kualitas sperma pasangan anda:

- Hindari alkohol. Penelitian membuktikan, minum alkohol setiap hari dapat mengurangi jumlah testosteron dan jumlah sperma serta meningkatkan sperma yang abnormal.
- Hindari tembakau, rokok dan obat-obat rekreasional lainnya. Ini dapat memicul sperma yang abnormal.
- Makan makan dengan gizi yang cukup yang mengandung zat-zat nutrien seperti zinc, asam folat, kalsium, vitamin C dan D. Ini bisa membantu terbentuknya sperma yang berkualitas, banyak dan kuat.
- Hindari hot tubs, sauna dan hot bath karena panas bisa merusak sperma. Testis berfungsi dengan baik pada suhu 94-96 derajat Fahrenheit yang beberapa derajat lebih rendah dari suhu normal tubuh.

Kalau anda ingin cepat hamil, kecepatan perubahan ke arah hidup sehat seperti disebutkan di atas akan mempercepat proses terjadinya kehamilan.

Tips #6: Persiapkan tubuh anda

Persiapan itu termasuk hal-hal di atas termasuk membuat janji atau menemui dokter atau bidan anda untuk melakukan check up. Ini untuk mengetahui perubahan apa yang bisa anda lakukan agar bisa hamil dan untuk menemukan apakah ada masalah kesehatan serta melakukan intervensi secepat mungkin untuk mengatasinya jika ada.

Anda juga bisa mencoba untuk menghindari kopi karena konsumsi yang lebih dihubungkan dengan sulitnya konsepsi (hamil).

Kapan mencari bantuan, jika tidak hamil-hamil?

Hamil secara normal biasanya terjadi dalam 3 bulan pertama. Sekitar 6 dari 10 pasangan dapat kemudian hamil setelah itu.

Nah, berapa lama setelah mencoba ini dan itu lalu mencoba mencari bantuan ahli infertilitas tergantung dari umur pasangan. Kesuburan setiap individu berkurang seiring dengan umur. Jika anda berumur 40 tahun, sebaiknya langsung mencari bantuan. Jika anda 35-40 berkonsultasilah dengan spesialis setelah anda mencoba selama 6 bulan tapi tidak berhasil hamil. Dan jika anda berusia di bawah 35 tahun, anda boleh tetap mencoba sampai setahun sebelum mencoba mencari bantuan.

]]>
http://kedokterananak.com/tips-dan-trick-cara-cepat-hamil/feed/ 0
Pertanyaan Populer Pasca Melahirkan (Bagian 2)http://kedokterananak.com/pertanyaan-populer-pasca-melahirkan-bagian-2/ http://kedokterananak.com/pertanyaan-populer-pasca-melahirkan-bagian-2/#comments Fri, 23 Aug 2013 12:45:35 +0000 http://kedokterananak.com/?p=190 More » ]]> Q: Kapan saya akan mendapatkan mentruasi kembali?
Ini tergantung dari apakah Moms menyusui atau tidak. Sulit menentukan waktu yang tepat karena setiap wanita berbeda tergantung keadaan tubuh dan keadaan lainyang mempengaruhinya. Yang jelas, tubuh sudah akan mulai mengeluarkan sel telur sebelum menstruasi pertama setelah melahirkan sehingga apabila ibu tidak menggunakan KB ketika mulai melakukan hubungan seksual ibu bisa saja hamil. Meskipun ibu menyusui, ini bukan jaminan Anda tidak akan hamil (ASI eksklusif sekali pun), karena sudah banyak kejadian kehamilan yang tidak direncakan terjadi.

Pada keadaan dimana ibu menyusui, waktu mulai menstruasi bisa tertunda. Jika Moms menyusui eksklusif siang dan malam ketidaknyamanan dari mendapatkan menstruasi bisa tertunda sampai 1 tahun. Ibu yang memiliki bayi suka tidur sepanjang malam, haidnya kemungkinan besar akan kembali dalam 3-8 bulan. Hal yang sama terjadi jika Anda memberikan susu formula kepada bayi. Haid bisa kembali dalam 1 sampai 3 bulan. Kesimpulannya, semakin lama dan sering Anda menyusui, semakin lama waktu haid Anda akan kembali.

Q: Apakah siklus menstruasi saya bisa teratur jika saya menyusui?
Tidak ada yang bisa memprediksi kapan siklus haid Anda akan keblai teratur karena tiap wanita memiliki respon terhadap perubahan hormon berbeda. Biasanya ibu mulai mendapatkan siklus menstruasinya kembali pada saat mulai memperkenalkan makanan padat atau bayi yang tidur panjang 4 sampai 6 jam.
Yang mesti diingat, apakah Anda sudah menstruasi kembali atau tidak, tetap anggap Anda fertil (subur) yang bisa kapan saja hamil jika mulai melakukan hubungan seksual kembali. Terjadinya haid hanya menandakan bahwa ovulasi sudah terjadi. Oleh karenanya gunakan proteksi untuk emncegah hamil.

Q: Benarkah menyusui bisa membantu menurunkan berat badan?
Ketika hamil tubuh secara normal akan membentuk lapisan lemak ekstra sebagai cadangan untuk mendukung kebutuhan nutrisi janin dan kebutuhan menyusui bayi setelah lahir. Jika Moms mengonsumsi makanan yang seimbang, menyusui akan membantu membakar kalori untuk membuat ASI setiap kali bayi menyusu.
Ibu yang diet, mengurangi makan dan aktif berolahraga mungkin akan turun berat badan dengan cepat akan tetapi ini akan memicu lepasnya toksin ke dalam ASI. Pastikan bayi Anda mendapatkan ASI yang sehat. Menurunkan berat badan semestinya dilakukan secara bertahap. Adalah penting menurunkan berat badan dengan mudah dan aman, makan pada saat lapar dan mendapatkan cairan yang cukup.

Q: Apakah menyusui bisa mengganggu gairah seksual saya?
Mungkin saja, meskipun demikian keadaan ini tidaklah berlangsung lama. Selain kelelahan yang dialami oleh ibu baik karena proses menyusui setiap beberapa jam, mengganti popok, menggendong dan membersihkan bayi, perhatian ibu tentunya akan tertuju terutama kepada bayinya. Selain itu, dengan menyusui tingkat hormon estrogen akan sangat rendah menyebabkan vagina kering dan mengurangi gairah seksual.

Meskipun demikian pada wanita tertentu, menyusui tidak terlalu berpengaruh terhadap libido. Sebagian wanita bahkan bisa memiliki perasaan yang berbeda seperti, lebih nyaman, lebih sensual, dll.

Q: Apakah ASI akan berkurang dengan sendirinya jika saya tidak menyusui?
Jawabannya adalah iya, meskipun hal ini akan memerlukan waktu beberapa minggu sampai produksi ASI betul-betul berhenti.
Perlu diketahui bahwa persiapan produksi ASi sudah dimulai sejak Moms hamil. Segera setelah melahirkan tubuh akan mulai memproduksi banyak ASI. Apakah nantinya ibu menyusui bayinya atau tidak payudara Moms akan semakin penuh dan berisi.

Apabila ibu tidak menyusui bayinya atau tidak memerah ASI-nya tubuh akan mulai mengeluarkan hormon penghambat keluarnya ASI sehingga secara bertahap produksi ASI akan dihentikan. Dalam seminggu sampai 10 hari setelah melahirkan produksi ASI akan berkurang sampai berhenti total meski pada saat itu ibu akan merasakan ketidaknyamanan karena payudara yang penuh. Pada saat ini gunakanlah bra yang suportif dan jangan mengikat payudara karena akan memicu terjadinya mastitis dan tersumbatnya saluran air susu. Untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan, Anda bisa mengompres dengan air es atau minum obat anti inflamasi seperti ibuprofen. Ini tidak akan membantu mengurangi produksi ASI akan tetapi membantu ibu agar lebih nyaman. Jika ibu sudah sangat tidak nyaman, Anda bisa mengeluarkan sedikit ASI meskipun akibatnya bisa membuat tubuh kembali memproduksi ASI. Jauhi air hangat misalnya dari shower karena ini bisa memicu produksi ASI.

Ada yang menganjurkan, mengaplikasikan daun kol mentah (kubis) pada payudara bisa mengurangi ketidaknyamanan dan membantu mengurangi produksi ASI. Sebelumnya daun kol bisa disimpan di lemari pendingin.

Q: Apakah boleh menurunkan berat badan saat menyusui?
Selama dilakukan secara bertahap dan tidak dengan cepat menurunkan berat badan saat menyusui aman-aman saja. Sebaiknya atur agar program penurunan berat badan ibu berlangsung dalam 10-12 bulan setelah melahirkan. Cara terbaik menurunkan berat setelah melahirkan adalah dengan cara bertahap, mengonsumsi makanan rendah lemak dan olahraga sedang. Menurunkan berat badan dengan cepat dapat memicu lepasnya zat toksin (racun) yang disimpan di jaringan lemak tubuh ke aliran darah.

Menyusui adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan karena tubuh menggunakan lemak yang disimpan untuk memproduksi ASI. Dengan disertai diet yang seimbang, minum yang cukup dan olahraga teratur meskipun hanya dengan berjalan bersama bayi Anda program penurunan berat badan Anda akan berhasil.

]]>
http://kedokterananak.com/pertanyaan-populer-pasca-melahirkan-bagian-2/feed/ 0
Pertanyaan Populer Pasca Melahirkanhttp://kedokterananak.com/pertanyaan-populer-pasca-melahirkan/ http://kedokterananak.com/pertanyaan-populer-pasca-melahirkan/#comments Thu, 22 Aug 2013 12:33:18 +0000 http://kedokterananak.com/?p=189 More » ]]> Q: Kapan saya bisa mandi setelah melahirkan?
Ibu dapat langsung mandi termasuk keramas setelah melahirkan jika keadaan sudah memungkinkan, tidak ada hal khusus yang menghalangi dan keadaan umum ibu baik. Mandi di bathtub malah dianjurkan karena bersifat terapi. Air hangat dapat membantu penyembuhan luka episiotomi dan mengurangi pembengkakan akibat hemorrhoid (jika ada). Perasaan ibu akan lebih rileks dan kelelahan akibat proses melahirkan bisa dikurangi. Dalam agama tertentu (Islam) malah diwajibkan untuk melakukan mandi setelah melahirkan (mandi wiladah).

Pada keadaan tertentu seperti operasi cesar, mandi bisa ditunda setelah satu minggu atau lebih sampai luka bekas operasi sembuh. Untuk lebih jelasnya, Moms bisa menanyakan hal ini langsung ke dokter yang merawat.

Hindari menggunakan hot tub karena biasanya airnya tidak sering dikuras tiap selesai digunakan sehingga bisa meningkatkan resiko infeksi baik kepada kita maupun orang lain terutama jika masih terjadi perdarahan.

Q: Betulkah menyusui dapat membantu pengecilan uterus?
Ya. Dengan menyusui ini akan merangsang kelenjar untuk mengeluarkan hormon oksitosin yang akan membantu mengeluarkan air susu. Setiap menyusui, selain merangsang keluarnya ASI, oksitosin juga membantu kontraksi otot polos yang ada di uterus sehingga membantu proses pengecilan uterus ke ukuran sebelumnya. Lebih dari itu, oksitosin juga memicu rasa cinta ibu kepada bayinya. Oleh karena itu oksitosin ini biasa juga disebut dengan “hormon cinta”.

Q: Apakah aman menggunakan korset Spanx di 6 minggu pertama setelah melahirkan?
Ya. Menggunakan korset tidak apa-apa terutama jika Anda ingin memperbaiki penampilan karena ingin menghadiri acara tertentu. Apabila Anda melahirkan dengan cara operasi tentu saja ibu harus menunggu sampai bekas luka operasi sembuh. Tekanan pada daerah tersebut tentu akan membuat tidak nyaman. Selain itu, penggunaan korset cenderung membuat kulit basah di daerah itu yang bisa memicu berkembangnya bakteri. Oleh karena itu gunakan korset untuk acara tertentu saja dan jangan gunakan terlalu lama.

Q: Apakah vagina akan menjadi longgar setelah melahirkan?
Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung beberapa hal antara lain: berat badan bayi yang Moms lahirkan, seberapa sering melahirkan dan apakah Anda melakukan latihan kegel secara teratur atau tidak. Adalah normal setelah melahirkan vagina akan lebih lebar dari sebelumnya apalagi kalau melahirkan bayi yang besar (lebih dari 4 kilogram). Ini diakibatkan karena otot-otot dasar panggul mengalami relaksasi. Otot-otot ini akan kekurangan tonusnya setiap kali melahirkan.

Oleh karena itu, ibu pasca melahirkan dianjurkan melakukan Kegel. Latihan ini dapat mengencangkan perineum (daerah antara vagina dan dubur) serta membantu mengembalikan tonus otot yang mengelilingi vagina, anus dan uretra. Latihan Kegel ini selain meningkatkan kekencangan vagina juga membantu mencegah inkontinensi urin di kemudian hari (ketidakmampuan menahan kencing).

Q: Bagaimana mengatasi stretch marks setelah melahirkan?
Stretch marks biasanya akan berkurang secara bertahap dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Jika menetap atau tidak berkurang Moms bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan terapi yang paling cocok. Apakah dengan pemberian cream atau terapi lain seperti laser. Meskipun demikian jangan terlalu berharap karena stretch mark tidak bisa dihilangkan secara total, terapi hanya untuk mengurangi atau menyamarkan.

Q: Dapatkah saya berhubungan seks dalam 6 minggu (masa nifas) pasca melahirkan? Kapan bisa mulai berhubungan seksual?
Melakukan hubungan seks setelah melahirkan tidak dibolehkan, baik melahirkan dengan normal (per vagina) maupun operasi (sectio cesarea). Pada masa ini (dalam minggu-minggu pertama setelah melahirkan), uterus dan serviks mengalami pemulihan termasuk memperbaiki dinding uterus dimana sebelumnya plasenta melekat. Hubungan seksual bisa memicu infeksi yang sangat berbahaya. Perbaikan dinding uterus yang ditandai dengan keluarnya lokia bisa berlangsung 3-8 minggu. Lokia yang sudah tidak berwarna merah terang menandakan perbaikan sudah hampir selesai. Setelah ini berhubungan sudah bisa dilakukan. Pada keadaan ibu yang mendapat episiotomi atau vagina yang sobek, pemulihan bisa berlangsung lebih lama sehingga Anda mesti menunggu sampai lukanya benar-benar sembuh sembuh. Biasanya luka episiotomi atau robekan vagina yang mendapatkan jahitan sembuh dalam 4 minggu tapi bisa lebih.

Untuk itu dianjurkan menunggu sampai 6 minggu sebelum bisa melakukan hubungan seksual kembali. Di dalam agama pun (Islam) tidak dibolehkan melakukan hubungan selama masih masa nifas (4o hari).

Q: Apakah akan sakit saat melakukan hubungan seks pertama kali setelah melahirkan. Posisi seks apa yang cocok?
Setelah melahirkan bisa saja Anda merasa sakit ketika melakukan hubungan seks yang pertama kali setelah melahirkan. Luka bekas episiotomi atau robekan vagina bisa saja belum sembuh sempurna. Ketidaknyamanan ini bisa berlangsung dalam beberapa minggu sampai bulanan. Tundalah berhubungan sampai bekas luka benar-benar sembuh sempurna. Selain itu, saat Anda siap melakukan hubungan kembali cobalah posisi seks dimana Anda bisa mengontrol dalamnya penetras, misalnya posisi wanita di atas atau menyamping (side by side).

Ibu yang menyusui biasanya memiliki kadar estrogen yang rendah sehingga jaringan vagina menjadi lebih tipis dan lebih kering. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menggunakan lubrikans yang water-solluble. Hindari penggunaan lubrikans yang oil-based terutama jika menggunakan kondom karena kondom jadi gampang robek. Krim vagina yang mengandung estogen mungkin diperlukan jika masalah kekeringan ini tidak bisa diatasi. Ibu yang menyusui kadang mendapati keluarnya air susu selama berhubungan. Ini bisa diatasi dengan penggunaan bra khusus ibu menyusui.

]]>
http://kedokterananak.com/pertanyaan-populer-pasca-melahirkan/feed/ 0
Proses Yang Terjadi Sehingga Anda Bisa Hamilhttp://kedokterananak.com/proses-yang-terjadi-sehingga-anda-bisa-hamil/ http://kedokterananak.com/proses-yang-terjadi-sehingga-anda-bisa-hamil/#comments Fri, 26 Jul 2013 17:49:35 +0000 http://kedokterananak.com/?p=171 More » ]]> proses sehingga bisa hamil
Mungkin ada yang pernah bertanya kenapa seseorang yang sudah melakukan hubungan seksual ada yang bisa langsung hamil dan ada yang tidak. Secara sederhana kehamilan bisa terjadi karena dibuahinya sel telur wanita oleh sel sperma laki-laki. Sel telur pada wanita ini tidak setiap waktu dikeluarkan dan pada saat sel telur ini dilepaskan inilah yang disebut dengan masa subur saja. Sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan akan tumbuh dan berkembang menjadi janin.

Ada beberapa faktor yang terlibat sampai terjadinya kehamilan. Kalau beberapa faktor ini tidak ada atau tidak adekuat, kehamilan tidak bisa terjadi. Pembuahan hanya akan terjadi jika sperma sehat dan organ reproduksi wanita tidak mengalami gangguan. Sperma dikatakan sehat apabila memiliki pergerakan yang lincah dan cepat serta bentuknya sempurna. Di dalam 1 mm cairan semen, setidaknya mesti terdapat 20 juta sel sperma agar dapat membuahi sel telur. Sel sperma yang kurang dan tidak sehat adalah salah satu penyebab ketidaksuburan sehingga mustahil mengharapkan kehamilan tanpa terapi yang tepat.

Pada wanita agar dapat hamil, organ reproduksi harus normal dan sehat. Jika ada infeksi atau kelainan, infeksi atau kelainan tersebut mesti diterapi dulu agar bisa hamil.

]]>
http://kedokterananak.com/proses-yang-terjadi-sehingga-anda-bisa-hamil/feed/ 0
Review Buku: Panduan Lengkap Bayi 1 Tahun Pertama dr Eiyta Ardinasarihttp://kedokterananak.com/review-buku-panduan-lengkap-bayi-1-tahun-pertama-dr-eiyta-ardinasari/ http://kedokterananak.com/review-buku-panduan-lengkap-bayi-1-tahun-pertama-dr-eiyta-ardinasari/#comments Tue, 02 Jul 2013 20:19:02 +0000 http://kedokterananak.com/?p=153 More » ]]> perkembangan bayi, merawat bayi

Ilmu tentang bayi dan menjadi ibu tidak dipelajari di sekolah maupun di perguruan tinggi. Oleh karena itu kehadiran buku Panduan Lengkap Bayi 1 Tahun Pertama oleh dr. Eiyta Ardinasari patut diberikan apresiasi. Sepatutnyalah ibu dan ayah mengetahui cara merawat bayinya dan mengetahui perkembangan bayinya selain mampu mengatasi segala macam problematika yang muncul dalam pengasuhan bayi. Ibu dan orang tua yang mengetahui seluk-beluk bayi biasanya lebih mampu menangani persoalan yang muncul pada masa pengasuhan sehingga memiliki kehidupan yang lebih baik dibandingkan ibu yang tidak peduli dengan apa yang terbaik bagi bayinya. Bayinya pun biasanya bisa tumbuh lebih optimal dan cerdas.

Yang dibahas di buku ini adalah tiga hal pokok yang menjadi topik utama ibu dan bayi yakni:

  1. Perkembangan Bayi
  2. Merawat Bayi, dan
  3. Problematika Bayi

Tiga topik yang melingkupi semua hal yang akan dijalani oleh ibu dalam mengasuh dan membesarkan bayinya. Tiga topik ini pula lah yang menjadi pembeda buku ini dengan buku-buku lainnya yang biasa kita temui di toko buku. Topik merawat bayi, perkembangan bayi dan problematikanya dibahas secara lengkap dan menjadi satu di buku ini. Topik-topik khusus juga bisa kita temui seperti baby gym dan pijat bayi. Bisa dikatakan kalau ibu mencari buku panduan bayi yang lengkap maka inilah dia.

Buku ini banyak menekankan tentang pentingnya inisiasi menyusu dini (IMD) dan ASI eksklusif. Meskipun ASI mendapat porsi yang besar, topik tentang susu formula juga dibahas.

Buku ini membahas tentang bayi dengan cara yang sederhana. Bahasa yang dibawakan oleh penulisnya cukup renyah dan cukup mudah diikuti. Meski penulisnya adalah dokter, buku ini jauh dari istilah medis yang membingungkan. Hal-hal yang sering ditemui dalam pengasuhan bayi dibahas dengan simpel, ringkas namun jelas mulai dari awal kelahiran sampai topik dan tips tentang babysitter dan penitipan anak.

Kami yakin dengan membaca buku ini, para orang tua akan mendapatkan gambaran yang lebih luas dan terbuka tentang dunia bayi. Bahwa mengasuh dan membesarkan bayi tidak lah sesulit dan serumit yang dibayangkan atau yang dialami oleh orang-orang yang tidak tahu cara pengasuhan dan perawatn bayi yang benar. Ayah dan bunda akan semakin percaya diri dalam mengasuh dan membesarkan bayinya.

]]>
http://kedokterananak.com/review-buku-panduan-lengkap-bayi-1-tahun-pertama-dr-eiyta-ardinasari/feed/ 0
Persiapan Menyusuihttp://kedokterananak.com/persiapan-menyusui/ http://kedokterananak.com/persiapan-menyusui/#comments Tue, 02 Jul 2013 18:52:56 +0000 http://kedokterananak.com/?p=141 More » ]]> Mempersiapkan diri Moms untuk memberikan ASI pada bayinya mesti dilakukan jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Mempersipakan diri Moms untuk tahu sebanyak-banyaknya tentang menyusui sama pentingnya dengan mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum lahir. Cari tahulah tentang menyusui dari buku, internet, dari ibu anda atau dari ibu lain yang sudah mempunyai bayi. Semakin banyak anda tahu tentang breastfeeding, anda akan semakin familiar dengan itu, proses menyusui pun akan semakin lancar dan terasa lebih mudah.

Tubuh Moms mempersiapkan diri untuk proses menyusui dimulai sejak masa kehamilan. Itulah kenapa payudara Moms semakin bertambah besar karena aliran darah bertambah ke payudara di samping adanya sel-sel payudara dan kelenjar air susu yang juga ikut bertambah. Meski demikian, ukuran payudara tidaklah menentukan apakah proses menyusui nanti akan berhasil atau tidak . Oleh karena itu, ibu yang memiliki payudara kecil tidak serta merta berarti proses menyusuinya nanti tidak akan berhasil.
Persiapan apa yang dilakukan pada puting susu agar nantinya siap untuk menyusui?
Tidak perlu persiapan khusus. Perubahan hormon pada kehamilan akan membuat payudara Moms siap untuk proses menyusui. Hindari memijat atau mengusap puting karena bisa melukai dan membuat proses menyusui menjadi lebih sulit. Yang terpenting adalah mengajari bayi untuk melekat (latch on) di payudara dan menyusui dengan posisi yang benar.
Nah, mungkin ada Moms yang bertanya tentang produk atau perlengkapan apa saja yang perlu disiapkan untuk mendukung proses menyusui. Yang bisa membantu proses menyusui menjadi lebih mudah dan nyaman.
nursing bra

1. Nursing Bra. Jenis bra ini cukup nyaman dan bisa menyokong payudara yang bertambah besar dari ukuran biasanya. Jenis bra ini juga praktis sehingga bisa dibuka bagian depannya saja untuk memberikan ASI ke buah hati. Patut diperhatikan saat membeli bra untuk menyusui, tunggulah sampai dekat masa akan melahirkan dimana ukuran payudara relatif akan sama denhan ukurannya pasca melahirkan. Tanyakan ke penjaga toko yang sudah berpengalaman untuk membantu Anda memilihkan ukuran bra yang pas.

nursing top

2. Atasan dan dalaman (nursing top dan camisole). Nursing top ini sangat nyaman digunakan dan memiliki celah yang bisa dibuka tutup sehingga menyusui akan lebih mudah. Camisole juga sangat bagus karena beberapa bisa mendukung payudara dengan baik selain bisa sebagai busana atasan.

nursing pillow

3. Bantal Menyusui (nursing pillow). Ini khusus didesain untuk menyanggah bayi pada saat menyusui sehingga mengurangi tegangan dan regangan pada otot Moms selama menyusui. Selain itu bisa membuat bayi nyaman dane menjaga bayi tetap di posisinya.

breast pads

4. Breast pads. Ini berfungsi untuk menampung ASI yang menetes yang normal terjadi pada ibu menyusui. Terdapat breast pad yang disposable dan reusable atau bisa dicuci. Ini akan menjaga pakaian Moms tetap bersih dan kering.

breast pump

5. Pompa payudara (breast pump). Breast pump adalah salah satu perlengkapan menyusui yang penting. Dengan ini Moms bisa memompa dan menyimpan ASI perah. Meskipun tidak digunakan secara teratur breast pump ini bisa juga untuk mengurangi payudara yang penuh yang biasanya mengakibatkan ketidaknyamanan dan nyeri.

lanolin

6. Selain hal-hal di atas jangan lupa siapkan salep Lanolin yang biasanya tersedia di apotik yang berguna untuk mengurangi nyeri puting. Gel pack yang pas di bra juga bisa untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan payudara.

]]>
http://kedokterananak.com/persiapan-menyusui/feed/ 0
Tidak Hamil-hamil, Bagaimana Cara Mengatasinyahttp://kedokterananak.com/tidak-hamil-hamil-bagaimana-cara-mengatasinya/ http://kedokterananak.com/tidak-hamil-hamil-bagaimana-cara-mengatasinya/#comments Sun, 27 Jan 2013 13:40:41 +0000 http://kedokterananak.com/?p=102 More » ]]> Dina yang juga seorang dokter umum sudah menikah hampir tiga tahun tapi belum dikaruniai anak. Tidak hamil-hamil membuatnya hampir putus asa. Segala cara sudah diterapkannya dari menentukan waktu berhubungan pada masa subur, memeriksakan diri ke dokter ahli kandungan dan lain sebagainya. Kehamilan yang dinantikan itu tak kunjung datang. Sudah berlusin-lusin testpack yang dihabiskannya namun dua garis merah itu tak kunjung muncul. Setiap orang mulai dari orang tua, mertua, saudara dan teman-temannya tak pernah berhenti bertanya “kapan hamil?”. Beragam tanggapan pun muncul kenapa sampai Dina tidak hamil-hamil mulai dari pekerjaan -padahal dia sudah sangat mengurangi waktu jaga di rumah sakit dan sudah banyak istirahat-, mungkin karena pernah melakukan dosa tertentu sehingga tidak dikaruniai anak, posisi rahim tidak normal sehingga mesti diurut, mesti menghindari makan ini-itu, badan agak kurus, kurang gizi sampai hal seperti suami kurang perhatian, kurang ‘hot’ di atas tempat tidur dan lain-lain.

Dari pengalaman beberapa pasangan yang tidak hamil-hamil TAPI kemudian AKHIRNYA HAMIL kita bisa belajar mengenai apa yang telah mereka lakukan:

Mereka yang awalnya susah hamil tapi akhirnya bisa hamil pasti memiliki sikap positif. Perasaan ‘susah hamil’, tidak bisa hamil, stres, rasa tertekan, rasa bersalah dan sikap negatif lainnya bisa mempengaruhi horman Anda sehingga pada akhirnya mempengaruhi kesuburan. Selalu lah berpikir positif, yakinkan diri bahwa ‘saya bisa hamil’, saya pasti hamil, sehingga memotivasi kita untuk terus berpikir positif. Afirmasi ini penting karena dari pikiran akan mempengaruhi juga tingkah laku kita. Bila kita sudah tidak yakin duluan untuk hamil biasanya dalam perilaku kita akan ikut juga putus asa. Sebaliknya bila yakin bisa hamil dan sangat ingin..ingin hamil kita akan mengupayakan segala cara agar hamil. Mulai dari memperhatikan perilaku gaya hidup yang sehat termasuk dalam memilih makanan yang sehat, menghindari rokok, minuman alkohol, istirahat yang cukup, dll. Semua upaya positif kita ini akan memperbesar kemungkinan kita hamil.

Senangnya bila testpack positif

Senangnya bila testpack positif

Yang jelas hindarilah pikiran negatif. Bahkan pikiran negatif ini bisa mempengaruhi keutuhan rumah tangga Anda. Rileks lah dan nikmati hidup Anda. Tetaplah bergaul dengan teman-teman Anda yang mungkin sudah punya bayi lebih dulu. Ini bisa membuat Anda tertekan, bila mengambil sikap negatif. Padahal dari teman-teman Anda yang sudah punya anak tersebut kita bisa belajar banyak hal tentang merawat bayi. Jadi sebelum Anda punya baby Anda sudah sedikit tau tentang apa yang mesti disiapkan dan dilakukan. Anda juga bisa bertanya kepada mereka bagaimana tip-tips mereka supaya cepat hamil, dll.

Bila Anda mendapat kabar, teman Anda yang seumur dengan Anda dan menikahnya hampir sama dengan Anda tapi sekarang sudah melahirkan bayinya yang kedua tidak ada alasan untuk Anda merasa rendah atau tidak ikut berbahagia dengannya meski Anda belum dikaruniai anak. Doakanlah dia dan minta doa lah juga kepadanya agar Anda juga cepat dikaruniai anak.

Mulai saat ini, bila Anda ditanya-tanya oleh keluarga atau teman “kapan hamil”, jawab saja dengan senyum dengan meminta agar mereka mendoakan kita. Dan jangan bosan-bosan mengatakannya. Toh, mereka pada akhirnya akan mengerti dan bosan juga.

Ciptakan selalu sikap positif dan bahagia, Anda pasti ingat salah satu tips agar hamil dari membaca buku atau majalah adalah dengan mengadopsi anak. Yang benar saja! Iya, dari pengalaman banyak pasangan yang mengadopsi anak karena tidak dikaruniai anak selama bertahun-tahun akhirnya bisa hamil. Sulit diolah oleh akal sehat kita tapi seperti itulah faktanya. Mengadopsi anak menciptakan rasa senang, bahagia dan pereda stres akibat tekanan yang muncul bila tidak memiliki anak. Perasaan bahagia dan lepas (tidak tertekan) ini akan membantu tubuh menghasilkan hormon yang optimal untuk mendukung terjadinya kehamilan.

Setelah mengupayakan sikap positif, saatnya Anda memperhatikan hal lain yang mempengaruhi terjadinya kehamilan. Pasangan yang baru menikah pada umumnya hamil di tahun pertama dan kedua. Hamil bukanlah sesuatu yang langka dan Anda pun bisa hamil. Melakukan hal sederhana seperti menghindari penggunaan cairan pembersih vagina sangatlah manjur agar bisa hamil. Teruslah berusaha dan perluas pengetahuan Anda. Tersedia beragam informasi dan tips bermanfaat yang bisa kita dapatkan dari internet, buku dan majalah.

Pada kasus tertentu, tidak hamil-hamil disebabkan oleh infertilitas. Infertilitas bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Pemeriksaan di dokter ahli akan membantu menemukan dan menentukan penyebab dari infertilitas. Dari situ akan ditentukan bagaimana cara mengatasinya. Yakinlah bahwa banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu Anda agar hamil. Pilihan apakah perlu melakukan inseminasi buatan atau bayi tabung akan ditentukan oleh hasil pemeriksaan dengan dokter ahli dan atas keputusan Anda sendiri. Meskipun saat ini biayanya masih mahal, bahkan ada yang berobat sampai ke luar negeri, yakinlah bila Anda benar-benar ingin hamil Tuhan pasti memberikan jalan.

Bila Anda memiliki pengalaman yang berkaitan dengan kehamilan atau ingin berbagi tips, silahkan share di kotak komentar di bawah.

]]>
http://kedokterananak.com/tidak-hamil-hamil-bagaimana-cara-mengatasinya/feed/ 0
Cara Berhubungan Agar Cepat Hamilhttp://kedokterananak.com/cara-berhubungan-agar-cepat-hamil/ http://kedokterananak.com/cara-berhubungan-agar-cepat-hamil/#comments Fri, 28 Dec 2012 03:50:52 +0000 http://kedokterananak.com/?p=84 More » ]]> Posisi misionaris adalah posisi seks/berhubungan yang memungkinkan untuk cepat hamil. Posisi ini dianggap cocok untuk konsepsi meski sebenarnya dengan posisi seks apapun Anda tetap bisa hamil.

Istilah posisi misionaris berasal dari misionaris yang tidak membolehkan posisi seks yang lain dan juga keyakinan bahwa hubungan seks hanya bertujuan untuk hamil dan hubungan seks dengan cara berhadap-hadapan inilah satu-satunya posisi seks yang bisa diterima.

Pada posisi misionaris tradisional, perempuan berbaring terlentang dengan kaki terbuka, kedua lutut ditekuk dan kaki tenang di tempat tidur sedangkan pria berada di atas wanita. Ada beberapa variasi dari posisi misionaris ini seperti wanita mengangkat salah satu atau kedua kakinya dan pria memegang atau menempatkannya di bahunya atau wanita membuka lebar satu atau kedua lututnya.

Posisi misionaris merupakan posisi berhubungan terbaik agar cepat hamil karena dengan wanita berbaring, vagina akan tertekuk kebelakang ke arah serviks sehingga mempermudah bagi sperma mencapai serviks dan kemudian uterus. Dengan posisi misionaris memungkinkan penetrasi yang lebih dalam ke vagina sehingga sperma dapat masuk ke serviks secara langsung segera setelah ejakulasi.

Saat melakukan hubungan seks, setelah ejakulasi, agar kemungkinan untuk hamil besar Anda bisa mencoba cara berikut:

  • Pria sebaiknya tetap menjaga penisnya di dalam vagina sedalam mungkin agar sperma yang keluar dari vagina bisa diminimalkan.
  • Setelah mengeluarkan penisnya, pria bisa dengan lembut menekan kedua labia (bibir vagina) untuk mencegah keluarnya sperma.
  • Wanita sebaiknya tetap berbaring paling tidak selama 15-20 menit dan dianjurkan dengan menopang pinggang dengan bantal agar pelvis tertekuk ke dapan.

Pada saat wanita bangun bisa saja ada ejakulat keluar dari vagina dan ini tidaklah masalah dan kemugkinan untuk hamil masih tetap ada. Sperma yang tertinggal di vagina ini sudah tidak viable lagi. Karena alasan ini, berbaring lebih dari setengah jam tidak akan meningkatkan kemungkinan konsepsi dan kehamilan.

Jika Anda ingin mencoba cara lain, beberapa cara berhubungan berikut bisa meningkatkan kemungkinan hamil:

 

  • Berbaring secara bersisian adalah posisi yang membuat rileks dan mudah dilakukan bagi pasangan yang kelebihan berat badan dan memiliki masalah/penyakit punggung. Ini bisa pula dilakukan dengan berhadap-hadapan atau dengan posisi sendok (spoon position) dengan pria penetrasi dari belakang.
  • Posisi rear-entry dimana pria penetrasi dari belakang dan wanita bisa berbaring dengan perut, lutut atau bersisian. Pria berdiri di belakang di ujung tempat tidur atau dengan lututnya. Dengan posisi ini, memungkinkan sperma tersimpan dekat dengan serviks.
  • Setelah melakukan seks dengan posisi di atas, wanita bisa tetap berbaring dengan tengkurap atau berbalik berbaring terlentang dan tetap disitu selama 20 menit dengan pinggang ditinggikan seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.

Yang jelas, apapun posisi seksnya cobalah untuk melakukannya dengan rileks dan menikmatinya.

]]>
http://kedokterananak.com/cara-berhubungan-agar-cepat-hamil/feed/ 0